Dibawakan dalam PD. Oeltua Tanggal 3 Nov 2011
Menjadi Orang yang Mengenal Allah
Titus 1:16
            Ibu-ibu yang terkasih dalam Tuhan Yesus, pembacaan kita hari ini bicara tentang orang yang munafik. Mereka mengatakan mereka mengenal Allah, tapi perbuatan mereka tidak seperti orang yang mengenal Allah. Seperti apa orang yang tidak mengenal Allah itu?
            Pertama, mereka tidak tertib (Ay. 10). Orang-orang yang tidak tertib adalah orang yang tidka mau mentaati peraturan, baik dari manusia maupun peraturan yang berasal dari Allah. Misalnya, dia tahu bahwa tidak boleh ada Allah lain, tapi waktu ada masalah, dia tidak berdoa tapi datang ke dukun atau orang lain untuk minta bantuan. Dia tahu harus mengasihi, tapi tetap menghina orang lain. Tidak hanya itu, orang yang tidak tertib adalah orang yang TIDAK melakukan hal yang dia tahu itu baik, tetapi malah melakukan hal yang dia tahu tidak baik. Misalnya dia tahu kalau mandi 2 kali sehari baik bagi kesehatan, tapi jangankan 2 kali, 1 kali saja tidak. Atau, dia tahu merokok itu dapat merusak kesehatan, tapi rokok habis 1 bungkus 1 hari.
            Kedua, mereka seperti binatang buas (ay. 12). Artinya, mereka memperlakukan sesamanya sesuka hatinya. Tidak pernah peduli dengan perasaan orang lain; mementingkan diri sendiri, dan merupakan orang yang suka memaksakan kehendaknya. Misalnya, dia tahu kalau dia menghina orang, orang itu akan sakit hati, tapi dia tetap menghina, yang penting hatinya puas.
            Ketiga, mereka pemalas (ay. 12). Orang jenis ini adalah orang yang membiarkan orang lain yang bekerja, tapi dia yang ambil keuntungannya. Sehingga, orang yang bekerja itu tidak dapat apa-apa. Misalnya, anak kita yang kerja susah payah, tapi uang gajinya kita ambil semua untuk kita, sementara anak kita itu tidak dapat apa-apa.
            Keempat, mereka mendahulukan adat dan tradisi daripada Tuhan. Orang jenis ini akan ikut apa kata mama, kata nenek, kata kakek yang semua itu cuma kebiasaan dari dulu, dan ternyata dilarang oleh Firman Tuhan. Tapi mereka tidak peduli dengan Firman Tuhan, mereka tetap buat kebiasaan itu.
            Orang-orang yang tidka tertib, seperti binatang buas, pemalas, dan mendahulukan adat disebut “menyangkal bahwa mereka mengenal Allah.” Kenapa? Karena orang-orang yang sungguh mengenal Allah akan hidup seperti Allah –tidak angkuh, bukan pemberang, bukan peminum, bukan pemarah, tidak serakah, suka memberi tumpangan, suka akan yang baik, bijkasana, adil, saleh, dapat menguasai diri, berpegang pada Firman Tuhan (ay. 7-9). Tuhan tidak butuh orang yang rajin ke gereja kalau dia tidak pernah melakukan Firman Tuhan. Yang Tuhan perlu adalah orang-orang yang setia melakukan FirmanNya. Kalau kita sudah setia melakukan Firman Tuhan, orang lain akan melihaat kita sudah berubah dan Allah dimuliakan. Selamat mengenal Allah. Tuhan Yesus Memberkati. Amin.